Tanamkan Cintamu

Bandung, 28 Januari 2011

Jumat ini ada kegiatan baru di kantor. Biasanya kan Sabtu bersih. Tetapi jadwal bergeser dan istilah berganti lagi seperti dulu, Jumsih – Jumat bersih. Mudah2an menjadi konsisten.

Kegiatan Jumsih ini diawali dengan menghijaukan kembali halaman kantor dengan menanam tumbuhan, atau lebih tepatnya tanaman pot yang dibawa sebagian besar karyawan. Meski ada pengumuman yang ditempel di depan mesin absensi masuk agar semua karyawan membawa tanaman hias pada Jumat minggu ini, tetapi baru sebagian karyawan yang mematuhi aturan ini.

Rekan-rekan di departemen accounting yang paling kompak tentunya. Beragam  tanaman berhasil dikumpulkan. Masing-masing membawa 1 pot tanaman hias. Lucunya, tanaman itu tidak semuanya dibawa dari rumah sendiri, ada yang sengaja membeli, minta ke mertua, merayu ke sang mama yang sayang banget dengan tanaman hias, sampai yang hunting nyari dari taman kota, biar gratisan mungkin.. hehe.. sumpah, bukan saya, Pak.

Tanaman yg masih dalam polly bag dibongkar dan dipindahkan ke media tanah yang sudah tersedia di halaman kantor. Head Dept Personalia, bahkan GM kami langsung turun tangan, bersama-sama dengan staf dan karyawan bagian lain. Salut, mereka mau mengotori tangan mereka dengan pupuk kandang yang baunya lumayan mengganggu selera sarapan pagi. Selain memang mereka mencintai tanaman dan mendukung gerakan lingkungan, mereka juga sedang memberi contoh baik agar karyawan perusahaan mau perduli terhadap lingkungan.

Ya, kepedulian kita terhadap lingkungan, memang dewasa ini terasa berkurang. Padahal kurang gencar apa para pemerhati dan aktivis lingkungan menganpanyekan gerakan lingkungan sehat ‘Go Green’. Berbagai seminar, plang, iklan, banner bertebaran di mana-mana. Kesadaran itu harus tumbuh dari dalam diri kita, dan tidak perlu menunggu sebuah dampak terjadi yang sebetulnya bisa kita hindari.

Bukan hanya memperbanyak tanaman saja memang upaya yang bisa dilakukan,  tetapi kebiasaan-kebiasaan buruk yang tidak ramah lingkungan juga bisa kita lakukan secara konsisten, mulai dari sekarang, seperti mengurangi merokok, menghemat penggunaan BBM, memisahkan sampah organik dari yang unorganik, melakukan kegiatan 3R (Reuse, Reduce & Recycle).

Saya sudah melihat upaya-upaya itu di kantor saya. Seperti melakukan perjalanan dinas bersama-sama lintas departemen, bersepeda menuju kantor di hari Sabtu, Menggunakan kembali kertas yang sudah tidak terpakai, menghemat penggunaan air, listrik dan telepon. Ibu-ibu juga membawa tas belanja sendiri ke supermarket supaya penggunaan plastik berkurang. Semua dilakukan karena kesadaran itu sudah tumbuh dalam diri karyawan perusahaan, baik secara pribadi, maupun sebagai bagian dari organisasi yang mendukung gerakan hidup sehat.

Siapa yang tidak mau hidup sehat, coba. Siapa yang tidak mau mewariskan masa depan bumi ini dalam keadaan yang tidak lebih buruk. Siapa yang tidak ingin masa tua nanti kita berebut oksigen hanya untuk bertahan hidup lebih lama. Semua inginnya minimal kondisi bumi seperti saat ini, tidak terbayang bencana terjadi karena ulah kita sendiri.

Ayo, tanamkah cintamu pada bumi ini. Karena jika ramah pada alam, alam pun akan bersahabat dengan kita, memberikan manfaat bukan hanya untuk saat ini, tetapi juga untuk masa anak cucu kita nanti.

Wah, segernya. Begitu masuk halaman kantor beragam tanaman dan bunga-bunga menyambut dengan senyum. Ada Adenium, Sanseviera, cocor bebek, kembang sepatu, melati dan masih banyak lagi. Masuk ruangan kantor pun suasana disambut kembali dengan bunga-bunga hias dalam pot aneka ukuran. Di pojok ruangan, di depan pintu masuk ruangan, di koridor menuju kamar mandi, semua tanaman seperti menyebarkan cinta yang sudah kita tanam.

Semoga minggu-minggu seterusnya, kita semua konsisten menanamkan cinta kita pada alam. …

About kamiluddinazis

Saya adalah seorang karyawan swasta biasa yang memanfaatkan waktu luang bersama keluarga mengelola sebuah taman bacaan di sebuah komplek perumahan di kota Bandung. Membuka usaha toko buku skala menengah untuk memenuhi kebutuhan bahan bacaan warga sekitar & lingkungan yang lebih luas. Memiliki seorang istri yang Insya Allah sholehah, seorang putra 6,5 tahun dan seorang putri berusia 3 tahun.
This entry was posted in Lovely Moment. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s